Minggu, 23 November 2014

Visi dan Misi



Visi dan Misi

IDENTITAS PROGRAM STUDI (PRODI) PENDIDIKAN KIMIA
Nama Prodi
:
PENDIDIKAN KIMIA (S1)
Izin
:
Kepmen PTIP Nomor: 40 tahun 1965, tanggal 8 Maret 1965 disahkan dengan Keppres Nomor: 271 tahun 1965, tanggal 14 September 1965
Akreditasi
:
Amat Baik A (366) Keputusan BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 tanggal 13 Mei 2011
Gelar
:
Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Visi
:
Prodi Pendidikan Kimia yang unggul di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang kependidikan kimia, bermakna bagi masyarakat serta peduli terhadap lingkungan
Misi
:
  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang kependidikan kimia dalam berbagai jenjang pendidikan dan meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul dalam bidang pendidikan kimia, memiliki tekad untuk maju, mampu bersaing dan memiliki jiwa Pancasila;
  2. Mengembangkan pendidikan kimia melalui kegiatan penelitian yang bersifat inovatif dan tepat guna serta mengabdikannya kepada masyarakat;
  3. Menghasilkan karya-karya dalam bidang pendidikan kimia yang bermanfaat bagi masyarakat
Tujuan
:
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia S1 adalah untuk menghasilkan lulusan yang:
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan berwawasan luas;
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi didukung oleh kemampuan dalam bidang Pendidikan Kimia, bahasa Inggris serta penguasaan atas teknologi informasi;
  3. Bersikap jujur, cerdas, terbuka, terampil, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya permasalahan yang bertalian dengan bidang pendidikan kimia;
  4. Memiliki penguasaan terhadap bidang ilmu yang diajarkan atau bidang ilmu pendidikan yang sesuai dengan profesi kependidikan yang dipilih bagi calon guru atau tenaga kependidikan lainnya;
  5. Memiliki pemahaman mendalam tentang peserta didik dan prinsip dasar kependidikan;
  6. Memiliki penguasaan teori dan keterampilan dalam bidang keguruan bagi calon guru atau bidang profesi kependidikan lainnya;
  7. Memiliki sikap, nilai, kebiasaan dan kecenderungan kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai pendidik atau tenaga kependidikan lainnya;
  8. Memiliki kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Profil Lulusan
:
Lulusan Prodi Pendidikan Kimia dapat berperan sebagai:
  1. Pendidik di bidang Kimia
  2. Peneliti di bidang Pendidikan Kimia
  3. Pengelola lembaga pendidikan


KOMPETENSI LULUSAN
A. Kompetensi Utama
Kompetensi pedagogik
  1. Menguasai konsep dan prinsip pedagogik serta metode pembelajaran yang baku, yang digunakan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia
  2. Mampu melaksanakan pembelajaran kimia yang mendidik dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar
  3. Mampu membuat instrumen/ alat asesmen proses dan hasil belajar
  4. Mampu menerapkan asesmen dalam pembelajaran , mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua
Kompetensi kepribadian
  1. Mampu bersikap dan berperilaku sebagai pendidik sesuai dengan nilai-nilai agama, kebangsaan, etika dan norma masyarakat
  2. Memiliki kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab serta komitmen terhadap profesi dan tugas profesinya
Kompetensi profesional
  1. Menguasai struktur dan materi kurikulum kimia di sekolah menengah
  2. Menguasai ilmu lain yang menunjang pemahaman ilmu kimia dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek
  3. Mampu merencanakan , melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran
  5. Mampu melakukan praktikum baik yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional maupun secara instrumentasi kimia
  6. Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
  7. Mampu mengambil keputusan dan memberi petunjuk penyelesaian masalah secara tepat dalam mengelola suatu unit kerja dan mampu bertanggung-jawab pada pekerjaan sendiri serta dapat diberi tanggung-jawab atas pencapaian hasil kerja unit kerjanya
Kompetensi sosial
  1. Secara mandiri atau kelompok bertanggung jawab mengembangkan program sekolah dan kerjasama antar sekolah/ instansi
  2. Mampu bekerja mandiri atau bekerjasama dengan teman sejawat untuk merencanakan dan melaksanakan program pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (Lesson Study)
Kompetensi Pendukung
  1. Mampu menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan pendidikan Kimia
  2. Mampu mengelola laboratorium kimia di sekolah menengah.
  3. Mampu melaksanakan penelitian (khususnya penelitian tindakan kelas) untuk menemukan cara-cara baru dalam pembelajaran dan mampu memecahkan masalah pembelajaran atau pengembangan pembelajaran dalam kelompok
Kompetensi Lainnya
  1. Mampu mengaplikasikan penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/peranannya
  2. Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat
  3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah dengan pengantar bahasa Inggris (untuk kelas/ rombel PGMIPABI)



IDENTITAS PROGRAM STUDI KIMIA
Nama Prodi
:
KIMIA (S1)
Izin
:
KepMendikbud No:278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang dan No: 225/O/2000 tentang Statuta Unnes
Akreditasi
:
Baik (344), S.K BAN PT No 002/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 tanggal 13 Mei 2011
Gelar
:
Sarjana Sains (S.Si)
Visi
:
Program Studi Kimia yang unggul di tingkat nasional dan internasional dalam bidang kimia, bermakna bagi masyarakat serta peduli terhadap lingkungan.
Misi
:
a. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang kimia dalam berbagai jenjang pendidikan
b. Mengembangkan penelitian di bidang kimia dan mengabdikannya kepada masyarakat
c. Menghasilkan karya-karyadi bidang kimia yang bermanfaat bagi masyarakat serta berwawasan lingkungan.
Tujuan
:
Sejalan dengan visi yang telah dicanangkan dan misi yang dibawa, Program Studi Kimiadiselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut.
  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan berwawasan luas;
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi didukung oleh kemampuan dalam bidang kimia, bahasa Inggris serta penguasaan atas teknologi informasi;
  3. Bersikap jujur, cerdas, terbuka, terampil, dan tanggap terhadap perubahan, kemajuan ilmu pengetahuan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan kimia;
  4. Memiliki kemampuan kerja mandiri maupun ker bersama untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat mengembangkan diri dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang keahliannya dan;
  5. Memiliki kemampuan dan jiwa kewirausahaan untuk menerapkan keahliannya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
Profil Lulusan

Lulusan Prodi Kimia dapat berperan sebagai
  1. Teknisi atau analisis untuk memecahkan masalah kimia sederhana di bidang tertentu melalui pendekatan prosedural, seperti peneliti, quality control, supervisor laboratorium, pengolahan limbah, pekerjaan yang terkait dengan masalah lingkungan dan proses industri
  2. Pengajar di bidang kimia


KOMPETENSI LULUSAN
A. Kompetensi Utama
Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
  1. Mengerti dan memahami sains dasar yaitu Matematika, Fisika, Biologi dan Statistik
  2. Menguasai pengetahuan tentang struktur, sifat molekul, identifikasi, pemisahan, karakterisasi, transformasi, sintesis senyawa organik dan anorganik beserta aplikasinya
Keterampilan Intelektual (Intellectual Skill)
  1. Menguasai substansi, karakteristik, dan metodologi ilmu kimia serta mendesiminasikan kajian penelaahan masalah kimia yang akurat dalam bentuk laporan dan kertas kerja
  2. Menguasai penerapan sains dasar yaitu fisika, biologi, serta matematika dan statistik
  3. Mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan laboratorium/ penelitian kimia
  4. Mampu menyajikan beberapa alternatif solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia pada tingkat molekuler sederhana yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat
  5. Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup yang sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis senyawa organik dan anorganik melalui penerapan pengetahuan struktur dan sifat molekul, metode analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan
  6. Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi dan sintesis bahan kimia yang telah dilakukan
Keterampilan Praktis (Practical Skill)
  1. Mampu mempresentasikan dan memberikan argumen secara jelas dan benar dalam bidang kimia
  2. Mampu menyiapkan, memperlakukan dan mengelola bahan kimia, serta penanganan limbah dengan benar dan aman
  3. Mampu melakukan kegiatan sintesis dan analisis sistem organik dan anorganik, cermat dalam pengamatan dan pengukuran serta mampu melakukan interpretasi data hasil pengamatan laboratorium.
  • Mampu mengoperasikan dan merawat peralatan dan instrumen kimia.
  • Mampu melakukan penelusuran informasi kimia dengan cepat, akurat dan terkini serta penguasaan teknologi informasi
Keterampilan Managerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
  1. Menjunjung tinggi norma, tata-nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab ilmiah dan profesional
  2. Mempunyai rasa ingin tahu, peka atas perubahan dan masalah alamiah lokal/regional/global serta berusaha untuk menyelesaikan baik secara individu maupun kelompok
  • Menghargai upaya interdisiplin dalam mengeksplorasi, memanfaatkan dan melestarikan sumberdaya alam
  • Percaya diri atas kemampuan pribadi, disiplin , inovatif dan kreatif ,bekerjasama dalam tim
  • Mampu berorganisasi dan memimpin organisasi dengan baik.

B. Kompetensi Pendukung
  1. Mampu menjadi pengelola laboratorium kimia
  2. Mampu melaksanakan penelitian untuk memecahkan masalah di bidang kimia

C. Kompetensi Lain
  1. Mampu mengaplikasikan penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/ peranannya
  2. Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat
  3. Mampu berwirausaha dalam bidang produksi berbasis green chemistry, pengadaan alat dan bahan kimia
  4. Mampu berprofesi sebagai pengajar di bidang kimia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mahasiswa