Minggu, 23 November 2014

Fasilitas



Ruang Kuliah


Kegiatan akademik perkuliahan di Jurusan Kimia dilaksanakan tersebar pada 3 gedung, yaitu: D-4, D-6 dan D-8. Adapun rinciannya sebagai berikut:
1.      Ruang Kuliah:Gedung D4 Ruang D-124, D-125, D-224, D-225, D-226, D-227, D-324, D-325.
2.      Ruang Pertemuan:Gedung D6 Ruang D-335 (Ruang pertemuan jurusan) dan D-241/242 (Ruang Seminar Jurusan)
3.      Ruang Dosen:Gedung D6 Ruang D-237 B, C, D, E, F ; D-238, D-239, D-240, D-243, D-244, D-246, D-247, D-248, Gedung D8 lantai 1, 2, dan 3.
4.      Ruang Ujian Skripsi: Gedung D6 ruang D-338.
5.      Laboratorium: Gedung D8


Laboratorium

Laboratorium  Jurusan Kimia berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian bagi mahasiswa maupun dosen. Bangunan fisik laboratorium kimia terdiri atas 3 lantai yang terdiri dari laboratorium Kimia Dasar, laboratorium Kimia Anorganik dilantai 1, laboratorium Kimia Analitik, laboratorium Kimia Fisika dilantai 2, laboratorium Kimia Organik dan Biokimia, Ruang Instrument, dan laboratorium Komputasi dilantai 3, serta ruang referensi.  Luas laboratorium adalah 1204,65 m2 .
Laboratorium Kimia Unnes dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang dibantu oleh 6 dosen yang berperan sebagai pengelola masing-masing sub laboratorium, yaitu Laboratorium Kimia Dasar, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Organik–Biokimia, Komputasi, dan microteaching, 2 laboran dan 5 teknisi.
Di samping sebagai tempat pelayanan praktikum bagi mahasiswa S1 Jurusan Kimia, tempat penelitian dosen dan mahasiswa, Laboratorium Kimia juga melayani praktikum dan penelitian dari pihak luar seperti: praktikum untuk mahasiswa Akbid, Akper dan STIKES, penelitian mandiri dan penelitian PKM. selain itu, Laboratorium Kimia juga melayani analisis kualitatif/ kuantitatif untuk berbagai jenis sampel, pemrograman komputer, pembuatan KIT praktikum SMP/SMA/MA dan Media Pembelajaran (CD). pembimbingan program kreativitas siswa (KIR), olimpiade sains,
Laboratorium kimia juga sudah memiliki instrument analisis yang memadai diantanranya AAS perkin elmer Analyse 100, Bomb Calorimeter Parr Inst, GC Agilent 6820, BET/SAA Quantachrome 1200e, FTIR Alpha Series Bruker, ICP-AES Shimadzu, UV-Vis WTW Photolab, UV-mini 1420 Shimadzu, Spectrofotometer HACH, Spektrofotometer Genesys, dan alat lain yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan penelitian. Setiap ruang tersambung oleh jaringan internet yang terhubung langsung dengan BPTIK Unnes.



Ruang Referensi


Ruang Referensi jurusan kimia FMIPA Unnes telah dirintis sejak tahun 1970–an yang keberadaan dan pengelolaannya sebagai bagian dari laboratorium kimia. Pada saat ini ruang referensi jurusan kimia menempati ruang D–126 Gedung D4 Lantai 1 FMIPA Unnes terdiri dari ruang baca, ruang buku dan administrasi. Perpustakaan dibuka setiap hari kerja pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, kecuali hari Jumat pukul 08.00 s.d 14.00 WIB.
Pengelola perpustakaan terdiri atas seorang dosen, 1 tenaga pustakawan dibantu oleh mahasiswa piket. Koleksi buku berasal dari pembelian, hibah, dan sumbangan alumni. Aktivitas sehari-hari melayani mahasiswa, dosen kimia, dan mahasiswa jurusan lain dalam peminjaman buku teks dan skripsi di bidang kimia, pendidikan kimia, penelitian, dan pengajaran untuk menunjang aktivitas dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, penyusunan skripsi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Koleksi yang dimiliki terdiri dari Skripsi/Tugas Akhir mahasiswa, buku teks, diktat, makalah seminar, dan jurnal yang terkait dengan kimia dan pendidikan kimia prosiding seminar, tesis, dan disertasi dosen. Mulai awal tahun 2005 perpustakaan telah dilengkapi dengan 1 buah komputer yang terhubung dengan sistem LAN dan internet.





Fasilitas Lain

Fasilitas pendukung lain yang dimiliki jurusan kimia adalah
  1. Jaringan internet yang berada di gedung D6 lantai 2 yang merupakan kantor jurusan kimia, sudah dilengkapi dengan hostspot sehingga mahasiswa dan dosen dapat mengakses internet secara gratis. Begitu juga sudah tersedia jaringan internet di gedung laboratorium kimia sehingga mahasiswa dan dosen mempunyai keleluasaan mengakses informasi dan membantu pelaksanaan perkuliahan. Jaringan internet ini merupakan jaringan yang terintegrasi dengan semua jurusan di fakultas MIPA
  2. Ruang pertemuan jurusan berada di lantai 3 gedung D6 yang digunakan untuk rapat dan kegiatan lain yang jumlah pesertanya cukup banyak.
  3. Ruang musholla di lantai 2 gedung D6.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mahasiswa