Minggu, 23 November 2014

PANDUAN PENULISAN NASKAH JURNAL PENDIDIKAN KIMIA
 
Naskah yang diterbitkan dalam jurnal terdiri atas naskah hasil penelitian dan naskah hasil pemikiran konseptual. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar antara 10 sampai 15 halaman. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan margin atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 3,0 cm, huruf jenis arial ukuran 10 (kecuali judul naskah menggunakan huruf ukuran 12 bold), spasi 1,5 kecuali abstrak, judul tabel, judul gambar, dan daftar pustaka menggunakan spasi tunggal. Nama penulis disertai dengan institusi asal ditulis di bagian bawah judul naskah dengan huruf arial 9 dan dicetak miring. Naskah terdiri atas abstrak dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka. Abstrak ditulis maksimal 200 kata disertai dengan 3 sampai dengan 5 buah kata kunci yang diambil dari judul naskah. Judul dan subjudul ditulis rata kiri dengan aturan: (1) judul ditulis dengan huruf kapital, (2) subjudul ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama tiap kata, (3) sub-subjudul ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf depan kata pertama. Pustaka dirujuk berdasarkan sistem nama tahun, dan ditulis dalam daftar pustaka sesuai dengan urutan abjad. Template file naskah artikel dapat diunduh di web site: http://www.kimia.unnes.ac.id
Ucapan terima kasih
Ucapan terima kasih ditulis pada akhir naskah sebelum daftar pustaka.
Pengiriman naskah
Naskah dikirimkan dalam bentuk hardcopy sebanyak 2 eksemplar disertai dengan softcopy kepada editor naskah Dra. Nanik Wijayati, M.Si. atau Sri Kadarwati, S.Si., M.Si., Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, Gedung D6 lantai 2 Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang 50229, telp: (024) 8508035, atau melalui email ke alamat: sri_kadarwati@yahoo.co.id. Penulis yang naskahnya dimuat diminta untuk memberikan kontribusi sebesar Rp. 100.000,- dan yang bersangkutan akan mendapatkan Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (JIPK) sebanyak 1 eksemplar.




 ARTIKEL HASIL PENELITIAN : Rangga Krisna Putra

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA
Rangga Krisma Putra*, Ersanghono Kusuma, Sri Nurhayati
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang
Gedung D6 Kampus Sekaran Gunungpati Telp. 8508112 Semarang 50229

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bae Kudus tahun ajaran 2012/2013 dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan true eksperimen dengan  post test only control design. Pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan efektif jika rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, pembelajaran pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar individu 77, dan proporsi ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen minimal mencapai 85%.  Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan ini didasarkan pada uji satu pihak kanan kedua nilai post test. Hasilnya adalah nilai thitung = 3,379 sedangkan nilai ttabel pada 5% adalah 1,994. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel sehingga nilai post test eksperimen lebih baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol memenuhi KKM 77 dan kedua kelas juga memenuhi ketuntasan klasikal 85%, yaitu kelas eksperimen tuntas 91,67% dan kelas kontrol tuntas 86,11 %. Nilai rata-rata hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen 84,98 lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai 79,38. Sedangkan untuk aspek psikomotorik, nilai rata-rata hasil belajar kelas eskperimen 83,7 lebih baik  daripada kelas kontrol dengan nilai 79,8  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual efektif pada hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Bae Kudus materi larutan asam basa.
Kata kunci : efektivitas, pendekatan keterampilan proses dasar, media audio visual, larutan asam basa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mahasiswa