PANDUAN PENULISAN NASKAH JURNAL PENDIDIKAN KIMIA
Naskah yang diterbitkan dalam jurnal
terdiri atas naskah hasil penelitian dan naskah hasil pemikiran
konseptual. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar antara 10 sampai 15 halaman. Naskah diketik pada kertas ukuran A4
dengan margin atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 3,0 cm, huruf
jenis arial ukuran 10 (kecuali judul naskah menggunakan huruf ukuran 12 bold),
spasi 1,5 kecuali abstrak, judul tabel, judul gambar, dan daftar
pustaka menggunakan spasi tunggal. Nama penulis disertai dengan
institusi asal ditulis di bagian bawah judul naskah dengan huruf arial 9
dan dicetak miring. Naskah terdiri atas abstrak dalam bahasa Indonesia
atau bahasa Inggris, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan
pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka. Abstrak ditulis maksimal 200
kata disertai dengan 3 sampai dengan 5 buah kata kunci yang diambil dari
judul naskah. Judul dan subjudul ditulis rata kiri dengan aturan: (1)
judul ditulis dengan huruf kapital, (2) subjudul ditulis dengan huruf
kecil kecuali huruf pertama tiap kata, (3) sub-subjudul ditulis dengan
huruf kecil kecuali huruf depan kata pertama. Pustaka dirujuk
berdasarkan sistem nama tahun, dan ditulis dalam daftar pustaka sesuai
dengan urutan abjad. Template file naskah artikel dapat diunduh di web
site: http://www.kimia.unnes.ac.id
Ucapan terima kasih
Ucapan terima kasih ditulis pada akhir naskah sebelum daftar pustaka.
Pengiriman naskah
Naskah dikirimkan dalam bentuk hardcopy
sebanyak 2 eksemplar disertai dengan softcopy kepada editor naskah Dra.
Nanik Wijayati, M.Si. atau Sri Kadarwati, S.Si., M.Si., Jurusan Kimia
FMIPA Universitas Negeri Semarang, Gedung D6 lantai 2 Kampus Sekaran,
Gunungpati Semarang 50229, telp: (024) 8508035, atau melalui email ke
alamat: sri_kadarwati@yahoo.co.id. Penulis yang naskahnya dimuat diminta
untuk memberikan kontribusi sebesar Rp. 100.000,- dan yang bersangkutan
akan mendapatkan Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (JIPK) sebanyak 1
eksemplar.
ARTIKEL HASIL PENELITIAN : Rangga Krisna Putra
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA
Rangga Krisma Putra*, Ersanghono Kusuma, Sri Nurhayati
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang
Gedung D6 Kampus Sekaran Gunungpati Telp. 8508112 Semarang 50229
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan
proses dasar menggunakan media audio visual. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bae Kudus tahun ajaran
2012/2013 dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2
sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan true eksperimen
dengan post test only control design. Pembelajaran dalam penelitian
ini dikatakan efektif jika rata-rata hasil belajar kelas eksperimen
lebih baik daripada kelas kontrol, pembelajaran pada kelas eksperimen
mencapai ketuntasan belajar individu 77, dan proporsi ketuntasan belajar
klasikal kelas eksperimen minimal mencapai 85%. Berdasarkan hasil
analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen
lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan
ini didasarkan pada uji satu pihak kanan kedua nilai post test. Hasilnya
adalah nilai thitung = 3,379 sedangkan nilai ttabel pada 5% adalah
1,994. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel sehingga nilai post test
eksperimen lebih baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol
memenuhi KKM 77 dan kedua kelas juga memenuhi ketuntasan klasikal 85%,
yaitu kelas eksperimen tuntas 91,67% dan kelas kontrol tuntas 86,11 %.
Nilai rata-rata hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen 84,98 lebih
baik dari kelas kontrol dengan nilai 79,38. Sedangkan untuk aspek
psikomotorik, nilai rata-rata hasil belajar kelas eskperimen 83,7 lebih
baik daripada kelas kontrol dengan nilai 79,8 Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan
keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual efektif pada
hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Bae Kudus materi larutan asam basa.
Kata kunci : efektivitas, pendekatan keterampilan proses dasar, media audio visual, larutan asam basa.
0 komentar:
Posting Komentar